Uji Kompetensi Kerja Laboratorium Kimia

Published by yennyfebrianiyun on

Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Informatika Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Tenaga Laboratorium Penguji Indonesia (LSP TELAPI) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) telah melaksanakan uji kompetensi kerja laboratorium kimia di Laboratorium Kimia Fakultas Sains dan Informatika UNJANI pada Rabu, 8 Agustus 2018. Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang mahasiswa dari angkatan 2014 dan 2015.

Uji kompetensi ini merupakan salah satu bentuk komitmen Jurusan Kimia Fakultas Sains dan Informatika UNJANI dalam mewujudkan kurikulum pendidikan berbasis kompetensi, dengan diharuskannya mahasiswa memiliki SKPI ketika lulus kuliah. SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah sendiri adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh institusi perguruan tinggi. Surat yang juga disebut Diploma Supplement ini berisi pencapaian akademik dan capaian pembelajaran serta kualifikasi lulusan pendidikan tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk menunjukkan bahwa Laboratorium Kimia Fakultas Sains dan Informatika UNJANI sudah bisa menjadi Tempat Uji Kompetensi (TUK) terverifikasi.

Uji kompetensi yang dilaksanakan adalah uji kompetensi untuk paket analisis dasar yaitu analisis volumetri. Analisis volumetri merupakan paket kompetensi yang menjadi unit kompetensi dalam Standar Kompetensi Nasional Kimia Analis (SKN-KA) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk bidang laboratori. Unit kompetensi ini menjadi kompetensi yang mendasar bagi seorang analis kimia sehingga dalam pekerjaan laboratorium, seorang analis kimia dapat dikatakan kompeten apabila memiliki kualifikasi sesuai dengan assessment  yang dilakukan oleh asesor yang ditunjuk oleh LSP.

Seluruh mahasiswa yang mengikuti uji kompetensi ini telah mengikuti ujian kompetensi yang meliputi ujian tertulis, praktikum dan ujian lisan. Seluruh materi ujian mengenai volumetri secara umum.

Hasil uji kompetensi yang telah diikuti selama satu hari penuh itu akan dikeluarkan oleh LSP TELAPI setelah melakukan penilaian menyeluruh dari semua aspek. Berdasarkan hasil assessment yang telah dilakukan, peserta dinyatakan kompeten.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *