Upaya Menghadapi Tantangan Kampus Merdeka dan Pandemi Covid-19 melalui Webinar Nasional Kimia (SNIKA) 2020

Published by ariehardian on


Sambutan dari Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani
Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D.

Tahun 2020, dunia pendidikan khususnya Perguruan Tinggi menghadapi dua tantangan besar yaitu pandemi wabah Covid-19 dan kebijakan kurikulum baru yakni Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MB-KM). Berdasarkan latar belakang tersebut, Jurusan Kimia, Fakultas Sains dan Informatika (FSI), Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) mengadakan Webinar Nasional Kimia (SNIKA) 2020 yang diselenggarakan secara daring pada hari Rabu, tanggal 16 Desember 2020. SNIKA 2020 mengusung tema “Kontribusi Kimia dalam Mendukung Optimalisasi Penerapan Kampus Merdeka di Masa Pandemi Covid-19”. Pembicara sesi kuliah tamu merupakan pakar-pakar yang mampu memberi arahan dalam menghadapi kedua tantangan tersebut di antaranya Prof. Ismunandar, Ph.D. selaku Staf Ahli Bidang Relevansi dan Produktivitas Kemenristek/BRIN, Prof. Drs. Mudasir, M.Eng., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada, dan Dr. Valentina Adimurti Kusumaningtyas, Dra., M.Si. dari Universitas Jenderal Achmad Yani.

SNIKA 2020 dibuka oleh rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D., Dekan Fakultas Sains dan Informatika, Hernandi Sujono, S.Si., M.Si., dan Ketua SNIKA 2020 Dr. Anceu Murniati, S.Si., M.Si. SNIKA 2020 diikuti oleh 55 pemakalah baik oral maupun poster yang terbagi ke dalam lima topik yaitu Kimia Material, Kimia Medisinal, Kimia Lingkungan, Kimia Komputasi, dan Pendidikan Kimia. Jumlah peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan SNIKA lebih dari 200 partisipan yang berlatarbelakang sebagai akademisi, peneliti, dan praktisi serta dari umum. Konsep sejenis virtual reality  digunakan dalam SNIKA 2020 baik dalam sesi kuliah tamu juga sesi pameran poster.

SNIKA 2020 disertai dengan 5 kegiatan satelit yang berlangsung selama 5 hari menjelang kegiatan utama SNIKA 2020 di antaranya 1) Workshop Biosensor untuk teknik pembuatan elektroda pasta karbon dan penggunaan potentiostat pada tanggal 10-11 Desember 2020; 2) Webinar Manajemen Laboratorium Tersertifikasi ISO/IEC 17025 pada tanggal 14 Desember 2020; 3) Mendeley Workshop pada tanggal 14 Desember 2020; 4) Workshop on Computational Chemistry for High School Chemistry Teacher pada tanggal 15 Desember 2020; dan 5) Webinar HKI Jabar Banten Edisi 12: Literasi Sains -Kimia: Tantangan Pendidikan Nasional pada tanggal 14 Desember 2020.

SNIKA 2020 berjalan lancar berkat dukungan dari berbagai pihak diantaranya LPPM Unjani, Himpunan Kimia Indonesia Wilayah Jabar-Banten, Himpunan Kimia Bahan Alam Indonesia, Masyarakat Komputasi Indonesia, Indonesia Scientific Society, dan Perkumpulan Pendidik Sains Kimia Indonesia (PPSKI) serta berkat dukungan materil oleh sponsorship dari PT. Timah tbk (Platinum Sponsor) dan PT. Dynatech (Gold Sponsor).

Seluruh rangkaian SNIKA dapat disaksikan ulang di kanal Youtube Kimia Unjani dan kanal Youtube HKI Jabar Banten. Virtual Reality pameran poster, Buku Kumpulan Abstrak, serta Materi dari para narasumber kegiatan SNIKA 2020 beserta kegiatan satelitnya dapat diakses di laman http://snika.unjani.ac.id

 Penulis: Arie Hardian


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.