Kuliah Tamu (Guest Lecture) Kimia Komputasi oleh Isman Kurniawan, Ph.D.

Published by ariehardian on

Salah satu cara dalam mewujudkan Kampus Merdeka yaitu dengan membangun kerjasama antar perguruan tinggi. Hal sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan kegiatan kuliah Tamu / Guest Lecture. Dengan kegiatan tersebut mahasiswa dapat merasakan suasana baru ketika dosen yang mengajarnya berasal dari Perguruan Tinggi lain. Begitupun sebaliknya, Dosen Tamu dapat merasakan suasana pembelajaran yang berbeda mengingat karakter mahasiswa yang dihadapi pun berbeda. Kerjasama ini merupakan cikal bakal untuk ke depannya dibentuk team teaching antar Prodi di Perguruan Tinggi yang berbeda. Meskipun, program team teaching dari dosen pengampu yang berbeda perguruan tinggi sudah berlangsung dari 1 dekade bahkan lebih di Prodi Kimia Unjani, namun statusnya masih Dosen Luar Biasa belum ada Surat Perjanjian Kerja Sama (PKS) antar prodi-prodi tersebut. Ke depan, diharapkan dengan adanya team teaching antar Prodi dari PT yang berbeda dapat dibuatlah suatu standar minimal Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk Mata Kuliah tertentu. 

Pada hari Kamis tanggal 27 Februari 2020, telah dilaksanakan kuliah tamu untuk mata kuliah Kimia Komputasi dengan Dosen Tamu yaitu Bapak Isman Kurniawan, S.Pd., M.Si., M.Sc., Ph.D. Dosen Tamu berasal dari Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Telkom. Kuliah Tamu ini juga dapat dihadiri oleh mahasiswa selain mahasiswa yang mengontrak Mata Kuliah Kimia Komputasi Semester Genap TA. 2019/20. 

Judul Materi yang disampaikan yaitu “Introduction to Computational Chemistry: Concept and Application“. Kuliah Tamu ini merupakan pertemuan keempat dari Kuliah Kimia Komputasi.

Poster Kegiatan Kuliah Tamu

WhatsApp-Image-2020-02-27-at-16.13.17

Picture 1 of 8


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *